Kredivo vs CICIL: Mana yang Paling Recommended Buat Kredit HP?

Sudah tahun 2020, pastinya sebagian besar dari kita udah tau nih kalo kredit HP tanpa uang muka dan tanpa kartu kredit sekarang adalah hal yang lumrah. Bukan cuma HP bahkan, barang-barang lain seperti elektronik rumah tangga sampai furnitur juga bisa. Nah, salah satu alasannya apalagi kalo bukan karena adanya fasilitas kredit online kayak Kredivo dan CICIL. 

Seperti namanya “Kredivo” yang menurut saya pasti diambil dari kata “Kredit” dan juga “Cicil”, dua fintech ini sama-sama nawarin cicilan, cuma target marketnya aja nih yang agak sedikit berbeda. Selain karena nama yang unik, saya ketemu dua fintech ini pas lagi nyari-nyari referensi buat kredit HP tanpa uang muka. Sepengamatan saya, Kredivo cukup populer sebagai fintech di kalangan milenial atau mereka yang berstatus sebagai karyawan, sedangkan CICIL lebih populer di kalangan mahasiswa yang belum punya penghasilan stabil. 

Berhubung saya termasuk kategori karyawan yang (alhamdulillah) berpenghasilan stabil, dari definisi di atas aja udah keliatan ya kalo saya lebih cocok jadi pengguna Kredivo ketimbang CICIL. 

Tapi, kali ini saya tertarik buat share sekaligus mengulas nih bedanya Kredivo dan CICIL terutama dalam hal kredit HP dari sudut pandang saya. Tujuannya sederhana: siapa tau ada di antara kalian yang lagi cari rekomendasi fintech buat kredit HP tapi mager buat banding-bandingin. Atau, ada di antara kalian yang mahasiswa dan butuh HP yang spesifikasinya mumpuni buat kuliah daring di tengah pandemi?

Langsung aja, apa bedanya sih Kredivo dan CICIL dari sisi yang lebih spesifik?

Target Market: Beda Syarat Pengajuan Kredit di Kredivo dan CICIL

Dalam layanannya, Kredivo mengusung tagline “Beli Sekarang, Bayar Nanti”. Secara singkat, Kredivo adalah fintech yang menyediakan layanan kredit cepat untuk belanja tanpa kartu kredit dan pinjaman uang tunai, dengan 2 pilihan bayar: dalam 30 hari tanpa bunga atau cicilan 3, 6, 12 bulan di lebih dari 1.000 merchant rekanannya. 

Yang bisa beli sekarang dan bayar nanti pake Kredivo di e-commerce maupun merchant offline adalah pengguna yang terdaftar dan status akunnya Premium. Nah, yang bisa daftar akun Kredivo adalah mereka yang: 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 60 tahun. 
  2. Punya penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Tinggal atau berdomisili di wilayah layanan Kredivo yaitu: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Dari syarat daftar ini, menurut saya target market layanan Kredivo ini cukup jelas: mereka yang paling tidak sudah memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang sesuai batas minimum. Kalo pun berusia minimum 18 tahun dan berstatus sebagai mahasiswa, supaya eligible maka mahasiswa tersebut sudah berpenghasilan. Misalnya, sebagai freelancer, part-timer, atau punya usaha kecil-kecilan. Toh mahasiswa berpenghasilan di jaman sekarang bukan lagi hal yang baru, toh?

Berbeda dengan CICIL yang menggunakan tagline “Solusi Pinjaman Pendidikan”, CICIL secara jelas memiliki target market mahasiswa untuk layanannya. Hal ini terlihat dari syarat pinjaman atau cicilan barang dari CICIL yaitu: 

  1. Berstatus sebagai WNI dan memiliki KTP. 
  2. Merupakan mahasiswa aktif (D3, S1, S2, S3) yang memiliki KTM. 

Namun, bukan cuma mereka yang baru masuk kuliah jenjang awal, mereka yang di tingkat lanjut seperti S2 dan S3 juga bisa menggunakan layanan Cicil. Pastinya kalo mahasiswa S2 dan S3 udah punya pekerjaan dan penghasilan sendiri toh?

Skema Kredit: Beda Limit dan Bunga Cicilan di Kredivo dan CICIL

Setiap orang yang daftar akun Premium Kredivo, berpeluang mendapatkan limit yang fantastis: maksimal s.d Rp 30 juta. Bagi saya, ini termasuk kelebihan utama Kredivo: limitnya besar dan bersaing dengan kartu kredit. 

Dengan limit tersebut, pengguna bisa memilih dua opsi pembayaran ketika bertransaksi: bayar dalam 30 hari atau cicilan 3/6/12 bulan. Bedanya, yang 30 hari tidak dikenakan bunga sama sekali tetapi harus bayar penuh langsung. Sementara yang cicilan 3/6/12 bulan, pengguna dikenakan suku bunga 2,6% per bulan namun tanpa ada uang muka. 

Dengan kata lain, kalo kita punya akun dan limit Kredivo, kita bisa langsung cicilan atau kredit barang apa pun di e-commerce tanpa perlu bayar DP. Pilih, beli, bayar dengan cara pilih cicilan pake Kredivo. Untuk transaksi bayar dalam 30 hari, minimum pembelian harus Rp10.000 sedangkan untuk cicilan minimum harga barang yang mau dicicil wajib sebesar Rp 1 juta ke atas. 

Tenor yang variatif dan bunga yang terbilang rendah buat ukuran kredit online, menurut saya wajar sih kalo Kredivo jadi salah satu aplikasi kredit paling populer belakangan ini. 

Sama dengan Kredivo, untuk layanan cicilan barang, CICIL juga menerapkan sistem limit bagi pengguna atau mahasiswa yang mendaftar. Saya nggak nemu informasi yang jelas berapa maksimal limit yang bisa didapat pengguna yang daftar CICIL. Tapi yang pasti, setiap pendaftar akan mendapatkan jumlah limit yang berbeda-beda sesuai dengan penilaian dari Tim CICIL. 

Perihal bunga dan tenor, CICIL memiliki margin pinjaman mulai 2% – 3% flat per bulan (termasuk seluruh biaya) dengan opsi tenor mulai 2 bulan sampai 24 bulan. Berbeda dengan Kredivo yang menetapkan suku bunga 2,6% flat untuk semua pengguna dan juga jenis barang (selama transaksi memenuhi syarat), margin pinjaman di CICIL bervariasi antara 2% – 3% tergantung seberapa kuatnya profil akun pengguna dan skema pinjaman yang dipilih. 

Buat para mahasiswa yang butuh cicilan untuk beli barang-barang penunjang kuliah seperti laptop, tenor yang ditawarkan CICIL cukup menarik karena lebih panjang. Di sisi lainnya, kalo mau cari yang bunganya fixed dan lebih rendah, Kredivo cukup menjanjikan. 

Pilihan Merchant: Daftar Merchant Mitra Kredivo dan CICIL

Dalam menawarkan layanannya kepada masyarakat luas, baik Kredivo maupun CICIL sama-sama menggandeng mitra merchant online dan offline. Kredivo saat ini sudah punya lebih dari 1.000 mitra merchant. Mulai dari Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.id, Bhinneka, Blibli, Erafone, Electronic City, Wakai, McDonalds, sampai Alfamart. 

Sementara CICIL saat ini punya sekitar 50 merchant rekanan yang terbagi jadi tiga kategori: merchant online learning, marketplace, dan gadget/elektronik. Beberapa contoh marketplace yang sudah bermitra dengan CICIL di antaranya adalah Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan Bhinneka. 

Proses Kredit: Beda Cara Kredit HP Pake Kredivo dan Cicil

Buat kamu yang tertarik kredit HP tanpa uang muka, saya pribadi cukup merekomendasikan Kredivo untuk kamu coba. Selain karena beneran nggak perlu uang muka, proses pengajuan kreditnya juga gampang banget. Asal udah jadi akun Premium dan punya limit, kalo mau kredit HP, tinggal pilih dan langsung cicil aja lewat merchant rekanan Kredivo. 

Misal: kamu mau cicil HP di Tokopedia pake Kredivo. Yang perlu dilakukan adalah: pilih barang, checkout, lalu pilih metode pembayaran cicilan langsung pake Kredivo. Login ke akunmu, verifikasi transaksi, selesai! Selanjutnya, tinggal tunggu aja barang datang ke rumah. Yes, semudah itu karena saya udah nyobain sendiri buat kredit HP Samsung Galaxy A21. 

Sementara di CICIL kredit hp tanpa uang muka atau barang lainnya masih belum tersedia. Ada sejumlah DP yang harus kamu bayarkan apabila menggunakan CICIL untuk mencicil barang keperluanmu. Minimal uang muka adalah 10% dari total harga barang. 

Langkah selanjutnya, kamu perlu copy paste URL dari produk yang sudah dipilih di e-commerce ke website CICIL. Login ke akunmu dan pilih skema pembayaran serta tenor yang diinginkan. Masukkan alamat tujuan dan setujui syarat dan ketentuan cicilan. Pengajuan cicilanmu akan diproses serta diverifikasi dalam waktu 2 – 3 hari kerja oleh tim CICIL. 

Kalo lolos verifikasi, maka kamu akan betremu dengan pihak ambassador untuk melakukan tanda tangan perjanjian dan pembayaran uang muka. Kemudian, barang akan diproses oleh merchant CICIL yang kamu pilih. 

Meski prosesnya cukup panjang kalo dibanding dengan Kredivo, menurut saya layanan CICIL cukup worth untuk dicoba dan bisa membantu banyak mahasiswa. Terutama yang belum berpenghasilan stabil. Gimana, tertarik coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *