5 Tips Pengelolaan Uang Bagi Fresh Graduate

Cara Kredivo bidik pasar milenial

Fresh graduate yang baru pertama kali mendapatkan gaji biasanya suka tergoda membeli barang-barang impian yang dulunya belum mampu dibeli. Sehingga amat sangat wajar jika para fresh graduate kerap kaget dengan kondisi punya tiba-tiba penghasilan besar, apalagi jika penghasilan pertama kali sudah mencapai dua digit.

Namun, di sisi lain ada juga fresh graduate yang punya penghasilan UMR tapi punya kebutuhan lebih sehingga harus mengandalkan pinjaman tunai bunga rendah dan mudah. Misalnya untuk mencicil handphone, laptop, hingga barang-barang yang bisa digunakan untuk menunjang produktivitas.

Salah satu tantangan asal bagi para fresh graduate adalah pengelolaan keuangan. Sebab, titik awal inilah yang akan menjadi jalan kesuksesan finansial di masa mendatang. Oleh karena itu, beberapa tips ini bisa jadi panduan bagi para fresh graduate.

1. Tentukan Tujuan Finansial

Supaya jelas dan punya arah, tentukan dulu tujuan finansial kamu. Misalnya dengan memiliki cita-cita bebas finansial di usia muda, 40 tahunan. 

Dengan rencana seperti ini, akhirnya kamu menjadi lebih semangat dalam bekerja serta menyisihkan penghasilan untuk tujuan terbesarmu yaitu bebas finansial di masa muda. 

Selain itu, ada juga yang punya tujuan punya rumah di usia muda, bisa berangkat umroh bareng orang tua, atau punya mobil dalam kurun waktu tertentu. Hal-hal tersebut yang akan menguatkan tekad kamu dalam bekerja maupun berusaha.  

2. Mulailah Menyusun Rencana Keuangan

Setelah menentukan tujuan finansial, maka mulailah untuk menyusun rencana. Mulai dari bagaimana mengalokasikan penghasilan setiap bulan supaya tujuan finansial kamu lebih cepat tercapai dalam waktu tertentu.

Ambil contoh jika kamu punya tujuan untuk berangkat umroh, paling tidak diperlukan dana sekitar Rp30 juta. Dengan gaji Rp5 juta saja, kamu sudah bisa menyisihkan Rp2 juta untuk tabungan umroh sehingga tujuan kamu akan bisa tercapai dalam waktu kurang dari satu tahun setengah. Sisanya tinggal mewujudkan mimpi-mimpi lainnya.

3. Kumpulkan Dana Darurat

Selain tujuan finansial, tentu saja kamu harus mulai menyadari pentingnya memiliki dana darurat. Banyak anak muda yang tidak sadar betapa pentingnya dana darurat. Dana darurat adalah dana yang bisa digunakan seperti halnya ban cadangan, diperlukan atau digunakan saat kondisi darurat saja.

Kondisi darurat yang dialami seperti sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya sehingga mengakibatkan kamu tidak bisa bekerja dalam jangka waktu tertentu. Saat dalam kondisi tersebut itulah dana darurat bisa punya peran penting. 

Idealnya besar dana darurat disesuaikan dengan kondisi diri sendiri. Jika tidak punya tanggungan atau tanggung jawab keluarga, paling tidak dana darurat bisa memenuhi kebutuhan pokok selama enam bulan. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok selama 12 bulan atau satu tahun. 

4. Asuransi dan Investasi sejak dini

Selain dana darurat, beberapa alokasi yang juga tak kalah penting adalah asuransi dan investasi. Nah, kedua hal ini cukup mendasar karena bagaimanapun investasi yang dipilih akan menentukan kondisi finansial 10 tahun mendatang.

Sementara untuk asuransi, paling tidak punya asuransi kesehatan yang menjamin biaya perawatan hingga biaya rawat jalan saat mengalami sakit. Paling penting, asuransi bisa mengcover seluruh risiko penyakit tertentu. Maka, memang paling tepat adalah dengan mempelajari produk-produk yang memang disesuaikan dengan kebutuhan. 

5. Boleh Ambil Cicilan, Asal… 

Lalu bagaimana dengan cicilan? Hampir semua fresh graduate paling tidak punya satu cicilan, entah itu cicilan motor atau cicilan smartphone. Pilih yang benar-benar menunjang pekerjaan. Jika tempat kerja jauh sementara ongkos transportasi umum mahal, kamu bisa mencicil motor yang bisa memudahkan mobilitas kamu. 

Namun, tetap sesuaikan dengan kondisi keuangan paling tidak jangan sampai melebihi dari sepertiga penghasilan. Selain itu, pastikan benar-benar memilih lembaga keuangan yang resmi dan terdaftar di OJK. Apalagi jika mengajukan pinjaman tunai bunga rendah dan mudah dari fintech.

Salah satu yang direkomendasikan seperti Kredifazz, bunga cicilan rendah serta transparan. Kredifazz memberikan untuk ajukan pinjaman dengan syarat KTP secara instan. Bunga hanya 0.6% saja per hari dengan tenor hingga 90 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *