4 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Yang Aman Dan Mudah

Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

Flashdisk merupakan media penyimpanan aman yang bisa menyimpan data tanpa bantuan aliran listrik. Flashdisk ini dibutuhkan untuk mengirim dan menyebarkan data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Flashdisk juga dalam beberapa kasus dibutuhkan sebagai media backup untuk data – data penting. Namun sayang, terkadang ada kalanya flashdisk tidak terbaca, karena beberapa alasan teknis. Jika kondisi ini terjadi padamu, jangan dahulu panik !

Sebab ada cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang aman dan mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa caranya :

  1. Periksa Flashdisk

Flashdisk merupakan aksesoris laptop yang dibutuhkan untuk menyimpan data – data penting. Namun ketika flashdisk tidak terbaca, tentunya pekerjaan kamu pun menjadi tertunda. Upaya perbaikan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi flashdisk. Cara memeriksa kondisi fisiknya adalah dengan mengintip lubang penghubung. Cek apakah lubangnya kotor atau sudah goyang.

Atau kamu juga bisa memeriksa kondisi flashdisk dengan cara menghubungkan flashdisk lain ke komputer atau laptop. Jika flashdisk lain tersebut terbaca, maka flashdisk kamu memang sudah rusak.

  1. Periksa Port USB

Selain mengecek flashdisk, kamu juga perlu mengantisipasi kerusakan pada port USB di komputer atau laptop. Ada kemungkinan, port USB kotor atau sudah rusak sehingga tidak mampu membaca data dari flashdisk sama sekali.

Cara memeriksa kondisi port USB ini serupa dengan cara memeriksa flashdisk. Gunakan flashdisk di komputer atau laptop lain. Jika terbaca, maka letak kesalahannya bukan pada flashdisk, namun pada port USB-nya.

  1. Format Menggunakan CMD

Meski cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan menggunakan CMD ini sedikit lebih rumit. Namun, cara ini benar – benar efektif dan bisa membersihkan virus – virus didalam flashdisk.

Sebelum mengaplikasikan cara ini, kamu harus ingat bahwa cara ini akan menghapus semua data dan menyulap flashdisk menjadi baru kembali. Sehingga cara ini tidak disarankan bagi kamu yang masih memiliki file penting didalam flashdisk. Selain itu, cara ini juga bisa mendeteksi virus didalam flashdisk.

Kamu bisa mengetahui data – data mana saja yang telah terpapar dan menyebabkan kerusakan. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu memilih untuk memformat flashdisk atau tidak.

Berikut cara format flashdisk menggunakan CMD :

  • Menyambungkan flashdisk pada komputer atau laptop.
  • Setelah selesai dipasang, buka tab Windows Run lalu ketik CMD, dan tekan Enter.
  • Setelah CMD terbuka, ketik “Format F:/FS:FAT” didalam CMD. Jika kamu belum tahu, F adalah lokasi flashdisk. Lokasinya pada setiap komputer akan berbeda – beda.
  • Setelah mengetik format diatas, tinggal tekan “Enter” dan secara otomatis virus pun akan terhapus.
  1. Komputer Belum Diupdate

Flashdisk tidak terbaca juga bisa disebabkan karena komputernya rusak atau belum update. Hal itu bisa terjadi ketika komputer kamu membutuhkan file penting untuk diunduh agar bisa membaca isi flashdisk.

Bisa dibilang, flashdisk kamu itu terlalu canggih sehingga komputer tidak mampu membacanya karena tidak dilengkapi dengan software yang dibutuhkan. Jika kamu pernah mengalami hal ini, maka segeralah update sistem operasi.

Waktu update bisa lama atau sekejap, tergantung pada ukuran software dan update yang dibutuhkan. Sementara itu, beda lagi ceritanya dengan komputer yang memiliki banyak masalah seperti cepat panas atau lemot. Memperbaikinya merupakan solusi yang tepat. Selain akan mengatasi flashdisk tidak terbaca, komputer yang sudah diservis juga akan bekerja lebih mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *